Friday, 11 April 2014

Every Child is Special

Sudah pernah nonton film india yang judulnya Taare Zameen Par?

pict from here

yaps, itu adalah film india yang dibintangi si om ganteng Aamir Khan. Selain 3 Idiots, film ini adalah film india-nya Aamir Khan yang saya suka banget. Kisah tentang Ishaan, anak dyslexia, yang mengalami kesulitan membaca dan menulis namun memiliki bakat melukis dan imajinasi yang luar biasa.

Dari film itu, saya belajar satu hal yang sangat berharga. Setiap anak terlahir istimewa. Even seorang anak yang selama ini dianggap pemalas dan bodoh seperti Ishaan. Tugas orang dewasa di sekitarnya lah yang harusnya bisa membaca, mengarahkan dan mengoptimalkan kelebihan anak tsb.


Dan meski dengan porsi yang alhamdulillah jauh lebih ringan, saya nemuin hal ini di kehidupan nyata, sangat dekat. Adek saya, Koko. Dia sering bilang susah kalo disuruh belajar, membaca atau berhitung. Ditambah lagi dengan latar belakang keluarga dengan kemampuan intelektualitas yang lumayan tinggi, membuat tuntutan dari orang tuanya cukup tinggi.

Sebagai kakak *sebenernya si Koko ini ponakan saya, soalnya mamahnya dia kakak sepupu saya tapi karena bermuka imut saya jadi dipanggil kakak deh:D, saya sedih. Tapi saya bisa apa? kasian deh kalo dia dipaksa belajar dengan teknik yang *menurut saya konvensional yang saya aja jiper juga. bayangin aja, anak sd kelas 1 udah dipaksa belajar. kan kasian. masih kelas 1 gitu. harusnya sih belajarnya masih yang belajar sambil bermain bukan? sambil maen ular tangga, main2 kereta dst yang sesuai ama psikologis anak umur segitu. *sotoy, situ pernah punya anak ato belajar psikologi anak2 neng??

padahal Koko punya bakat menggambar yang luar biasa lho. ini contohnya.

Kapal bajak laut


kereta penumpang





 bagus kan? dan pas saya tanya gambarnya nyontek dari mana? jawaban Koko adalah..

"Aku nggak nyontek Ayaya**, gambarnya ada di otakku.."

amazed ga loh!!
imajinasinya di main banget. pantes aja tiap liat kereta api, dia selalu minta berenti buat ngeliat kereta api.
jadi, sekali lagi, jangan pernah underestimate ke anak2 yang mungkin dikasih kekurangan, yang bikin dia ga sama ama anak sebayanya. karena sungguh, dibalik kekurangannya itu, pasti ada kelebihan yang membuat dia spesial. 
trust me..!

**Ayaya itu panggilan Koko bwt saya, stands for Kak Lia

No comments:

Post a Comment