Saturday, 12 April 2014

Makan Enak di Trenggalek

Ini sih awalnya gara-gara saya kepikiran obrolan saya ama instruktur mengemudi saya, mas David, soal bisnis kuliner khas Trenggalek. sebelumnya, pasti belom tau kan dimana itu trenggalek?



okesip, jadi trenggalek adalah sebuah kabupaten kecil di sisi selatan propinsi Jawa Timur. kota ini berbatasan dengan pacitan di sebelah barat, ponorogo di utara dan tulungagung di timur, sementara selatan langsung dengan samudera hindia. itulah kenapa trenggalek punya pantai2 yang indah dan tentu saja masih perawan. tapppi...bukan itu yg akan saya bahas sekarang ini. saya mau ngebahas makanan khasnya.


kalo orang yang pernah ke Trenggalek, pasti akrab sama yg namanya Nasi Lodho. kali ini saya bakalan ngenalin makanan khas Trenggalek lain yg ga kalah endeuuss. 

1. Nasi Gegok (Sego Gegok)

Nasi atau dalam bahasa jawa lokal disebut sego gegok, adalah nasi putih yang dibungkus daun pisang dan dikukus. uniknya, di dalam nasi itu terdapat sambel teri yang naudzhubillah pedesnya:D

taken from here

aroma nasi yang dikukus dengan daun pisang menimbulkan aroma khas yang begitu mengundang selera didukung oleh rasa gurih dan pedas dari sambel teri yang ditumbuk kasar. apalagi ditambah dengan lauk khasnya yaitu tempe tipis dan tahu bunder (tahu bulet). hhmmm....yuuummyyyy....

Untuk menikmati seporsi nasi gegok ini pun murahnya pake bingits, cuma 1500 perak perporsi. ditambah teh anget 1000, tempe tipis 500 dan tahu bulet 1000, sudah cukup membuat kalyan kenyang. ga sampe 5000 perak kan? widiiiiwww...syenang kan?

cuman, lokasi yang menyediakan nasi gegok ini agak-agak di pinggiran. tepatnya di kecamatan Bendungan. kalo dari alun2 kota Trenggalek lurus ke arah utara sekitar 20-30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil/motor. dengan pemandangan pegunungan yang masi hijau, udara yang dingin2 gemesin, cocok bangetlah nyampe tkp langsung cusss menikmati nasi gegok-nya:D

2. Soto Ayam Trenggalek

Emang apa bedanya soto ayam trenggalek ama soto ayam lainnya? kurleb emang gitu2 aja sih, cuman yang beda adalah printilan yang ada di soto nya.


jadi soto ayam trenggalek ini terdiri dari kuah soto tanpa koya, ayam goreng kering dipotong suwir2, kentang goreng diiris tipis2, soun yang warna biru, kol dan wortel di iris lebar kmdn di blanch atau di tumis sebentar, dan tauge. sambelnya sendiri adalah sambel kecap. 
istimewa kan??
bingiiittss. trus? kalo yang ini sih saya belom nemu dimana belinya. soalnya biasanya saya makan ini dimasakin chef special, bude Am ato Utty. hehehe.

Eh kayaknya udah jam makan siang ya? yauda gih, have a yummy lunch deeeehh...:")

No comments:

Post a Comment