My First

Menurut Maslow, piramida kebutuhan manusia dalam posisi teratas adalah kebutuhan akan aktualisasi diri. saya banget! setelah sekitar 6 bulan saya belajar motret, entah kenapa saya tiba-tiba pengen menjajal kesaktian, apakah saya bisa motret dengan wajar *emg dipikir lapkeu disajikan scr wajar? ghwahahaha :D

saya sih nganggepnya normal. kalo enggak, ngapain mbah Maslow sampe bikin teori piramida itu kan? hehe.

berawal dari keinginan itu,
saya akhirnya nyoba-nyoba ngikut semua lomba foto yg  tau. eh enggak juga ding. saya cuman ikut yang ngirimnya soft file doank. saya blom mau kalo mesti ngirim hardcopy nya. masalahnya, saya belom nemu tukang cetak yang sesuai sama selera dan style serta kantong saya =D

beberapa kali saya ikutan lomba photo. mulai yang gratisan sampe yang berbayar. dari yang ngirim dari jauh2 hari sampe yang on the spot. demi sebuah pengakuan. pengakuan dari diri saya sendiri, sebenarnya saya layak nggak sih disebut sbgai fotografer amatir bukan semacam abg2 gaya yg kesono kemari nenteng dslr trus mau ngaku2 jd fotografer:p

akhirnya, kesempatan itu datang...
saya dikasih tau seorang senior kalo ada lomba photo on the spot yg diadain oleh sebuah kampus negri di kota saya. 
modal nekad, saya ndaftar.
nyampe sono, jiper aslik! saingannya donk... para senior yg mukanya udah familiar ajah gt. peralatan mereka udah yang komplit macam lensa poanjaang yg ada gelang2 warna merahnya *which is itu jelas lensa moahal*, kameranya gedenya ampun2an *maksudnya kalo kamera saya ketimpa kamera om itu, pasti kamera saya teriak: ampuuun...beraaattt:p*

saya pengen pulang aja. malu. mendadak pede ilang blasss. fyi, ini adalah pertama kalinya gw ngikut lomba on the spot.
tapi kan sayang duit pendaftarannya kalo nyerah. hangus donk. terusan juga, kalo pulang skg nggak dapet makan siang donk, kan bayar pendaftaran termasuk makan siang *haha, cemen dan cetek bgt alasannya*

yaudah deh..bismillaah... tiba-tiba ada suara bijak ngebisikin saya, "udah, nggak papa. nothing to loose. anggap aja ini lagi belajar"

lomba dimulai, saya nyari beberapa spot yang sekiranya orang laen nggak kepikiran bwt ngambil photo dari spot itu. dan ternyata pikiran saya terlalu sederhana. kalah jam jepret saya. setiap spot yg saya pengenin, selalu aja ada org2 *baca: para senior* yg udah ngejip spot itu duluan. saya intip hasilnya, bagusan punya dia jauh. minder saya naik jadi stadium 2.

pas break makan siang jugak, nambah naek lagi minder saya pas diajak ngebrel2 sm para senior *yg semua laki2 dan berpengalaman dalam dunia pemotretan* mereka ngebahas bbrp istilah yang saya kayaknya mesti bakar menyan ke mbah google dlu baru ngerti dan mereka ngebahasnya bak ngebahas kenapa bulu shoun the sheep mesti berwarna putih *penting yak, masukin shoun the sheep disini?*

abis makan qta melipir sholat dhuhur. saya doanya khusyuuk bgt. minta supaya Allah memberikan kesempatan supaya saya bisa menang. doa yang nekad. mengingat saingan2 saya barusan. tapi, kun fayakun kan? yang penting udah udah usaha poll, saya nggak pulang sebelum berjuang. saatnya Allah yang mengambil keputusan.

abis sholat baru sadar baterei kamera saya abis. mesti pulang. jg ada alesan bwt saya plg duluan deh. hehehe. selaen emng saya udah coapek bgt dari pagi lari2 kesono kemari :p

nyampe rumah tepar, bobok siang. terus sorenya saya ngirim file2nya ke panitia lewat email. besoknya, masih belom ada tanda2 dkabarin sama panitia soal hasilnya. saya rada deg2an sih, cuman pasrah aja. mengingat saingan2 saya sih, jelas saya keder. tapi mengingat usaha saya, doa pun nggak berenti juga.

hari itu mggu agak sorean, sekitar jm3 ato set4an gt. saya lagi sholat ashar. tiba2 henpon bunyi. saya kelarin doa baru ngecek. ada bbrpa missed call dari nomer asing. trus jg ada bbrp sms. salah satunya dari senior sekaligus mentor saya yg jd salah satu juri di lomba itu. dan, bunyi smsnya:

'selamat ya Flo.. km dapet juara 3. Terus berkarya ya..!'

huaaaa.................alhamdulillaaaaaaaaahhhhh.... 
saya langsung sujud syukur. ini bener2 murni berkat rahmat dari Allah Yang Maha Kuasa, deh..

sorean lagi ditelp sama panitia untuk dateng ke penyerahan hadiah. saya seneng? banget!!

bukan cuma karena saya dpt duit, piala, piagam, dan diliatin sm senior2. 

tapi lebih karena saya mampu membuktikan ke diri sendiri bahwa saya MAMPU! saya BISA! saya bisa dan mampu menjadi apapun yang saya mau dan saya impikan. asal, saya kerja keras dan menyertakan Allah dalam setiap tarikan nafas.

saya makin yakin, pada prinsip Arai, Sang Pemimpi

"BERMIMPILAH SETINGGI LANGIT, MAKA TUHAN AKAN MEMELUK MIMPI-MIMPI ITU"

nb: You may say Im lebay, nevermind, ga masalah. ini perjalanan saya, dan msg2 org punya cara untuk mengenangnya bukan?


nah, ini dia photo yg bikin saya dapet third prize



Comments